Home

ABET

E-mail Cetak PDF

gambar_ABET

ABET, Inc (Accreditation Board for Engineering and Technology) adalah lembaga organisasi nirlaba yang melayani perguruan tinggi negeri untuk mengakreditasikan gelar program sarjananya. ABET inc melayani akreditasi di bidang ilmu computer, teknik, teknologi dan pengetahuan alam. Akreditasi ini bertujuan untuk menjaga kualitas program pendidikan di perguruan tinggi. ABET menyediakan akreditasi internasional melalui lokarkarya, nota kesepahaman. ABET inc telah diakui oleh organisasi council for higher education accreditation(CHEA) sejak 1997.

Proses akreditasi untuk program dilakukan secara sukarela oleh perguruan tinggi. Proses akreditasi dilakukan setiap program studi atau secara keseluruhan. Program studi telah di akreditasi harus melakukan akreditasi ulang setiap 6 tahun sekali. Jika program studi kurang puas terhadap proses akreditasi dapat dilakukan proses akreditasi tambahan. Proses akreditasi tambahan dapat berlangsung selama akreditasi berjalan.

Langkah pertama adalah program studi harus meminta ABET untuk melakukan evaluasi program studi. Setiap program akan diperiksa kemudian diberikan kepada komisi akreditasi, komisi akreditasi sains terapan, komisi akreditasi komputasi, komisi akreditasi rekayasa, komisi akreditasi teknologi.

Setelah komisi pendidikan melakukan evaluasi program studi antara lain mahasiswa, kurikulum, administrasi dan fasilitas. Setelah itu komisi akan memberikan Informasi kekuatan, kekhawatiran, kelemahan dan kekurangan program, serta rekomendasi untuk yang sesuai dengan program studi. Akreditasi diberikan untuk maksimal enam tahun, setelah itu harus di evaluasi.

ABET menentukan minimum kurikulum bagi berbagai program rekayasa. Misalnya, program studi mengharuskan semua rekayasa lulusan dari program sarjana muda menerima setidaknya satu tahun belajar di alam atau ilmu fisik dan matematika, dan membutuhkan waktu beberapa studi pendidikan umum. ABET juga mengharuskan setiap siswa menyelesaikan proyek desain dalam kelas pendidikan mereka.Sehingga lulusan program studi yang telah diakreditasi mendapatkan syarat minimal untuk masuk ke dunia kerja atau pendidikan untuk masa depan